Pengertian dan Materi Virtual Private Network (VPN)

pengertian dan materi virtual private network (vpn)Virtual Private Network merupakan suatu cara untuk membuat sebuah jaringan bersifat private dan aman dengan memanfaatkan jaringan publik seperti internet. Data dalam jaringan tersebut tidak dapat diketahui oleh pengguna lain di jaringan publik karena data tersebut dilewatkan pada tunnel yang dibentuk oleh VPN.

Tunnel merupakan suatu mekanisme enkripsi-deskripsi data. Data yang dikirim melalui jalur publik adalah data terenkripsi yang hanya bisa dibuka oleh ujung dari tunnel yang memiliki kunci untuk medeskripsi data tersebut.

Dengan adanya mekanisme Tunneling VPN dapat dimanfaatkan pada beberapa kondisi, yaitu :
a.       Remote Access Client Connections
VPN berfungsi untuk mendukung remote dari komputer rumah ke komputer kantor atau sebaliknya dengan memanfaatkan jaringan internet.
b.      LAN-to-LAN internetworking
Dengan memanfaatkan VPN 2 jaringan atau lebih yang terpisah letak dapat digabungkan menjadi seperti dalam satu jaringan, dengan syarat semua jaringan tersebut tersambung ke jaringan internet.
c.       Kontrol akses dalam suatu intranet
VPN dapat dimanfaatkan untuk mengamankan pengguna suatu jaringan intranet, dengan tujuan agar data yang dikirimkan pengguna tersebut tidak diketahui pengguna lain pada jaringan yang sama. Fungsi ini sering dimanfaatkan pada jaringan yang terbuka untuk umum, contohnya jaringan nirkabel yang akhir-akhir ini menjamur di berbagai tempat.

Protocol Tunneling VPN
Pengembang sistem VPN sangat beragam, dimana pada umumnya tidak kompatibel antara satu dan lain. Perbedaan yang dimiliki oleh jenis-jenis VPN tersebut antara lain adalah pada protocol-protocol tunneling yang digunakan, jenis dari protocol-protocol tersebut adalah :
a.       Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP)
Protokol tunneling jenis ini banyak digunakan pada produk-produk microsoft, protokol ini berjalan pada lapisan ke dua model layer OSI.
b.      Layer Two Tunneling Protocol (L2TP)
Awalnya bernama Layer 2 Forwarding, yang kemudian dikembangkan dengan menambahkan kelebihan-kelebihan PPTP. Protokol jenis ini dikembangkan oleh perusahaan CISCO. Seperti namanya protocol ini berjalan pada lapisan ke dua OSI.
c.       Internet Protocol Security (IPsec)
VPN dengan Protokol ini paling banyak jenisnya, protokol ini digunakan pada produk-produk microsoft, cisco dan berbagai vendor jaringan lain. Merupakan pengembangan dari dua protokol tunneling VPN sebelumnya. Protocol ini bekerja pada lapisan ke 3 model OSI.
d.      Secure Socket Layer (SSL)
SSL sering juga disebut Transport Layer Security(TLS) karena bekerja pada lapisan ke 4 model OSI yaitu lapisan transport. Protokol ini belum banyak digunakan pada vendor VPN, tetapi dengan fitur-fitur yang dimilikinya protokol jenis ini memiliki potensi berkembang yang sangat besar. Protokol ini banyak digunakan pada prodokproduk Open Source.

Anda dapat download Materi Mengenai Konfigurasi PVN, Instalasi PVN dan OpenVPN ini secara lengkap disini dan saya memberikan materi ini secara gratis. Silahkan anda dowload dengan mengklik link dibawah ini.

Link Dowloads
Materi 1 Virtual Private Network (VPN)
pengertian dan konfigurasi virtual private network (vpn)

Materi 2 Virtual Private Network (VPN)
pengertian dan konfigurasi virtual private network (vpn)

Materi OpenVPN
pengertian dan konfigurasi virtual private network (vpn)

Materi OpenVPN (Multi Client)
pengertian dan konfigurasi virtual private network (vpn)

NB : Jika link download diatas tidak berfungsi silahkan tinggalkan komentar di form komentar dibawah ini agar secepatnya dapat diperbaiki.

OK, SOB... Sekian posting saya mengenai Pengertian dan Materi Virtual Private Network (VPN).
Semoga bermanfaat..

» JANGAN LUPA LIKE N Komentarnya Yeach...

= Baca Juga Sob =



Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Ilmu Pengetahuan

Artikel Pengertian dan Materi Virtual Private Network (VPN) ini diposting oleh Unknown. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link AKTIF artikel ini sebagai sumbernya. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru Lama HomE
to Top