Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart

Yang kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, tentang Natural Language. Nah, Berbeda halnya dengan Natural Language, Flowchart menggunakan beberapa simbol – simbol standar (internasional) yang disusun sedemikian rupa, dihubungkan dengan connector2 sehingga membentuk sebuah bagan/ diagram yang yang menggambarkan suatu langkah2 penyelesaian masalah/ algoritma. Dan tentunya, Flowchart ini harus dibuat sesuai arus/ berurutan.

Dalam pembuatan Flowchart sendiri, tidak ada kaidah baku yang ditentukan (selain simbol2 yang digunakan), dengan kata lain, Flowchart yang dibuat biasanya akan berbeda untuk setiap programmer karena akan sangat tergantung cara berpikir masing – masing programmer serta algoritma yang digunakan. Input – Proses – Output pun mewarnai sistematika Flowchart, dimana masing – masing langkah tersebut memiliki simbol – simbol yang mewakilinya. Kalo wikipedia bilang, ada berbagai jenis Flowchart yang digunakan, tergantung keperluan. Namun secara garis besar mungkin bisa dikategoriin jadi 4 aja (menurut saya) :

System Flowchart
Urutan proses dalam sistem dengan menunjukkan alat/ media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data. Hmm.. Saya sendiri jarang (hampir ga pernah) membuat Flowchart jenis ini. Berikut contoh suatu System Flowchart :
Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart
 
Program Flowchart
Urutan instruksi yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk menyelesaikan suatu permasalahan/ pekerjaan dalam suatu program. Nah, Flowchart jenis inilah yang sedang kita bahas, karena untuk mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Komputer memang cuma membahas Flowchart jenis ini.
Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart
 
Bingung dengan simbol – simbol yang digunakan pada Flowchart di atas? Oke, ada banyak simbol yang digunakan dalam Program Flowchart, sesuai dengan kategori masing – masing. Berikut kategori – kategori tersebut dan masing – masing simbol yang termasuk di dalamnya :

Flow Direction Symbols (Simbol Pengarah Alur)
Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart 

 Processing Symbols (Simbol Pemrosesan)
Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart 

Input-Output Symbols (Simbol Input-Output)
Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart
 
Berikut ini Flowchart dari contoh sebelumnya (dari artikel sebelumnya, yaitu menentukkan suatu bilangan termasuk Genap atau Ganjil). Silakan diperhatikan.
flowchart menentukan bilangan ganjil dan genap
 
Contoh Flowchart - Bilangan Ganjil Genap

Oke, seperti udah Anda pelajari di bagian simbol – simbol pada Flowchart, pastinya Anda ingat dan mengerti maksud2 simbol tersebut. Program Flowchart, memang harus diawali dengan (START) dan diakhiri dengan (END). Langkah2nya pun sama, Input -> Proses -> Output.
  • Dari contoh di atas, Input berupa bilangan (variabel bil) disimbolkan dengan bangun jajar genjang (yang mewakilik input serta output, tergantung keterangan). 
  • Langkah berikutnya adalah Proses. Proses disini terdiri dari 2 bagian, yaitu penyeleksian kondisi dan assignment ke variabel jenis. Penyeleksian kondisi, merupakan bagian penentuan hal yang akan dilakukan jika suatu syarat tertentu dipenuhi. Hal ini mungkin sama kayak Implikasi dalam pelajaran Logika Matematika SMA. Ketika bil modulus 2 == 0, -> jenis = ‘GENAP’, jika tidak, otomatis bil adalah ganjil -> jenis = ‘GANJIL’. 
  • Langkah berikutnya, outputkan jenis bilangan. menggunakan simbol jajar genjang (seperti halnya input). Namun dapat juga menggunakan simbol display. **Lihat tabel simbol2 di atas** 
  • Setelah output, program menanyakan, apakah ingin mengulang lagi? 
  • Jika ya, maka jalan program kembali ke langkah input. Jika tidak, maka program akan berhenti (END). 
  •  END.
Sepertinya cukup mudah dipahami (semoga), terutama bagi yang baru datang di dunia programming. Mudah2an Anda semua tidak bingung dengan penjelasan saya di atas. Kalo masih ada bingung, jangan sungkan untuk bertanya.


» JANGAN LUPA LIKE N Komentarnya Yeach...

= Baca Juga Sob =



Ditulis Oleh : Marwan Setiawan ~ Berbagi Ilmu Pengetahuan

Artikel Cara Penyajian Algoritma dan Flowchart ini diposting oleh Marwan Setiawan. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link AKTIF artikel ini sebagai sumbernya. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. makasih buat masukaanya...tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke so......
      thanks wat kunjungannya...

      Hapus

Baru Lama HomE
to Top