Tujuan Laporan Keuangan

tujuan laporan keuangan | akuntansiMenurut IAI (2004), “Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Namun demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian di masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan. Baca juga mengenai Akuntansi dan Laporan Keuangan.


Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen (stewardship), atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin menilai apa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi; keputusan ini mungkin mencakup, misalnya, keputusan untuk menahan atau menjual investasi mereka dalam perusahaan atau keputusan untuk mengangkat kembali atau mengganti manajemen”.

Fraser dan Ormiston yang diterjemahkan oleh Setyautama, S. (2004) mendefinisikan, “Tujuan pemakai laporan keuangan adalah untuk mengetahui dan menafsirkan informasi untuk menjawab pertanyaan berikut:
- Apakah investasi memberikan hasil yang menarik ?
- Seberapa besar risiko dalam investasinya ?
- Apakah perusahaan yang ada harus dibubarkan ?
- Cukupkah arus kas untuk membayar bunga dan pokok pinjaman perusahaan ?
- Apakah perusahaan memberikan kesempatan kerja, perkembangan, dan keuntungan untuk karyawan ?
- Bagaimana daya saing dengan lingkungan ?
- Apakah perusahaan punya prospek yang baik terhadap pelanggan ?

Laporan keuangan dan data lain yang disajikan perusahaan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas ”.

Sekian post saya mengenai Tujuan LaporanKeuangan.
Semoga bermanfaat..

» JANGAN LUPA LIKE N Komentarnya Yeach...

= Baca Juga Sob =



Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Ilmu Pengetahuan

Artikel Tujuan Laporan Keuangan ini diposting oleh Unknown. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link AKTIF artikel ini sebagai sumbernya. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru Lama HomE
to Top