Pada bagian ini, anda akan belajar bagaimana menggerakkan
komponen dan membuat animasinya dengan menggunakan komponent tTimer. Ikuti
langkah-langkah berikut :
1.
Buat sebuah project baru. Set
nama form anda dengan nama AnimasiForm.
2.
Masukkan komponen-komponen sebagai
berikut :
Set Properti
Komponen Animasi Delphi
3.
Set properti masing-masing
komponen sebagai berikut :[TABLE=13]
4. Bagi klausa tipe, tambahkan
tipe baru tArah berupa set dari (diam,kiri, kanan, atas, bawah) [code
language="php"]
type
tArah = (diam,kiri, kanan, atas, bawah);
[/code]
type
tArah = (diam,kiri, kanan, atas, bawah);
[/code]
5.
Tambahkan konstanta langkah
bernilai 10 [code language="php"]
const
langkah = 10;
[/code]
const
langkah = 10;
[/code]
6.
Tambahkan variabel arah bertipe
tArah [code language="php"]
var
AnimasiForm : TAnimasiForm;
arah : tArah;
[/code]
var
AnimasiForm : TAnimasiForm;
arah : tArah;
[/code]
7.
Pada bagian Implementation,
buat kluasa tambahan Initialization berisi : [code language="php"]
implementation
implementation
Initialization
arah := diam;
arah := diam;
end.
[/code]
[/code]
8. Sorot komponen SpeedButton1
sampai SpeedButton5. Klik Object Inspector, pada tab event di baris onclick,
ketik event handler ChangeDirection. Ketik kode event handler sebagai berikut :
[code language="php"]
procedure TAnimasiForm.ChangeDirection(Sender: TObject);
begin
if sender=SpeedButton1 then
arah := diam
else if sender=SpeedButton2 then
arah := atas
else if sender=SpeedButton3 then
arah := kiri
else if sender=SpeedButton4 then
arah := bawah
else if sender=SpeedButton5 then
arah := kanan
end;
[/code]
procedure TAnimasiForm.ChangeDirection(Sender: TObject);
begin
if sender=SpeedButton1 then
arah := diam
else if sender=SpeedButton2 then
arah := atas
else if sender=SpeedButton3 then
arah := kiri
else if sender=SpeedButton4 then
arah := bawah
else if sender=SpeedButton5 then
arah := kanan
end;
[/code]
9.
Sorot komponen timer1. Ketik
kode untuk event onTimer sebagai berikut : [code language="php"]
procedure TAnimasiForm.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if arah=atas then
begin
Shape1.top := Shape1.Top - langkah;
if Shape1.Top<=0 then
arah := bawah
end
else if arah=bawah then
begin
Shape1.top := Shape1.Top + langkah;
if Shape1.top>=(panel2.Height - Shape1.Height) then
arah := atas
end
else if arah=kiri then
begin
Shape1.Left := Shape1.Left - langkah;
if Shape1.Left<=0 then
arah := kanan
end
else if arah=kanan then
begin
Shape1.Left := Shape1.Left + langkah;
if Shape1.Left>=(panel2.Width - Shape1.Width) then
arah := kiri
end;
end;
[/code]
procedure TAnimasiForm.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if arah=atas then
begin
Shape1.top := Shape1.Top - langkah;
if Shape1.Top<=0 then
arah := bawah
end
else if arah=bawah then
begin
Shape1.top := Shape1.Top + langkah;
if Shape1.top>=(panel2.Height - Shape1.Height) then
arah := atas
end
else if arah=kiri then
begin
Shape1.Left := Shape1.Left - langkah;
if Shape1.Left<=0 then
arah := kanan
end
else if arah=kanan then
begin
Shape1.Left := Shape1.Left + langkah;
if Shape1.Left>=(panel2.Width - Shape1.Width) then
arah := kiri
end;
end;
[/code]
10.
Simpan file unit anda dengan
nama uAnimasi.PAS
11.
Simpan file project anda dengan
nama Animasi.DPR. Sekarang kompilasi dan jalankan program anda
Pada bagian ini, anda telah belajar membuat animasi
sederhana dengan menggunakan komponen tTimer. Semoga membantu.