Apa IMK Itu ?
v Suatu disiplin ilmu yang terdiri dari desain, evalusi dan implementasi dari sistem komputer interaftif untuk digunakan manusia dan belajar fenomenanya
v Interaksi antara sains, engineering, dan aspek desain
Perspektif dari ilmu computer
v Fokus terhadap interaksi dan hubungan khusus antara satu atau banyak manusia dan satu atau banyak mesin komputer
v Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
v Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
v Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
v Industrial design (produk interaktif)
v Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
v Teknik Mesin ( robotika)
Point penting dalam HCI
v Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
v Bagaimana menyajikan kepada user
v Bagaimana membangun sebuah system
v Bagaimana untuk menguji sebuah design
Pendekatan HCI
v Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
v Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant
Aspek – aspek dalam HCI
v Use and context of computers ( U)
v Human characteristic (H)
v Computer system and interface architectur (C)
v Development proses ( D)
Use and context of computers ( U)
Social organization and work
v Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja
v Contoh ; untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerja
Application Areas
v Characteristic dalam area aplikasi
· Wilayah aplikasi tersebut digunakan ( individual atau group)
· Document oriented interfaces
· Comunication oriented interfaces
· Design environment
· Online tutorial system and help system
· Multimedia information kiosks
· Continues control system
· Embedded system
Human-Machine Fit and Adaptation
v Kesesuain antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa dilihat dari;
· Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan )
· Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah
· Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnya
Human Characteristics (H)
Human Information Processing
v Karakteristik manusia sebagai pemores informasi.
v Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:
· Model – model arsitektur kognitif
· Teori tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll
Language, Communication and Interaction
v Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari:
· Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa
Ergonomics
v Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja
v Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
· Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja.
· Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia
Computer System and Interface Architecture (C)
Input and Output Devices
v Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer
Dialogue Techniques
v Arsitektur software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog
Dialogue Genre
v Gaya / metode yang digunakan, antara lain:
· Penggunaan metafora
· Metode – metode yang relevan dengan media lain misal : film, grafis.
· Aspek estetika
Computer Graphics
v Konsep – konsep dasar dari tampilan komputer
· Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi
· Transformasi linear
· Tampilan warna
Dialogue Architecture
v Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user
· Model- model referensi dialog pada sistem ( dialogue system reference models )
· Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
· Windows manager models
· Multi user interface architecture
Development Process (D)
Design Approaches
v Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain:
· Ilmu tentang desain grafis
· Proses pengembangan system
· Teknik analisa kerja
· Desain industrial
Implementation Techniques and Tools
v Cara- cara dan peralatan implementasi
· Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi
· Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan.
· Teknik prototype
· Peralatan dialogue
· Method berorientasi objek
· Representasi data dan algoritma
Evaluation Techniques
v Metode - metode spesifik untuk evaluasi
· Productivitas
· Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll
Example Systems and Case Studies
v Command oriented
· PC DOS
· Airline check in
v Graphics- oriented
· Windows
· Apple macintosh
v Frame base
· hypercard