Apa IMK Itu ?
v     Suatu disiplin ilmu yang terdiri dari desain, evalusi dan implementasi dari sistem komputer interaftif untuk digunakan manusia dan belajar fenomenanya 
v     Interaksi antara sains, engineering, dan aspek desain
     Perspektif dari ilmu computer
v     Fokus terhadap interaksi dan hubungan khusus antara satu atau banyak manusia dan satu atau banyak mesin komputer 
v     Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
v     Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
v     Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
v     Industrial design (produk interaktif)
v     Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
v     Teknik Mesin ( robotika)
Point penting dalam HCI
v     Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
v     Bagaimana menyajikan kepada user
v     Bagaimana membangun sebuah system
v     Bagaimana untuk menguji sebuah design
Pendekatan HCI
v Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
v  Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant
Aspek – aspek dalam HCI
v     Use and context of computers ( U)
v     Human characteristic (H)
v     Computer system and interface architectur (C)
v     Development proses ( D)
Use and context of computers ( U)
Social organization and work
v     Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja 
v     Contoh ; untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerja 
Application Areas
v     Characteristic dalam area aplikasi 
·        Wilayah aplikasi tersebut digunakan ( individual atau group)
·        Document oriented interfaces
·        Comunication oriented interfaces
·        Design environment
·        Online tutorial system and help system
·        Multimedia information kiosks
·        Continues control system
·        Embedded system 
Human-Machine Fit and Adaptation
v     Kesesuain antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa dilihat dari;
·        Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan )
·        Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah 
·        Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnya 
Human Characteristics (H)
Human Information Processing
v     Karakteristik manusia sebagai pemores informasi.
v     Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:         
·        Model – model arsitektur kognitif 
·        Teori  tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll 
Language, Communication and Interaction
v     Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari:
·        Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa 
Ergonomics
v     Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja 
v     Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
·        Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja.
·        Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia 
Computer System and Interface Architecture (C)
Input and Output Devices
v     Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer 
Dialogue Techniques
v     Arsitektur  software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog
Dialogue Genre
v     Gaya   / metode  yang digunakan, antara lain:
·        Penggunaan metafora 
·        Metode – metode  yang relevan  dengan media lain misal : film, grafis.
·        Aspek estetika 
Computer Graphics
v     Konsep – konsep  dasar dari tampilan komputer 
·        Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi 
·        Transformasi linear
·        Tampilan warna 
Dialogue Architecture
v     Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user
·        Model- model referensi dialog pada sistem  ( dialogue system reference models )
·        Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
·        Windows manager models
·        Multi user interface architecture
Development Process (D)
Design Approaches
v     Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain:
·        Ilmu tentang desain grafis 
·        Proses pengembangan system
·        Teknik analisa kerja 
·        Desain industrial
Implementation Techniques and Tools
v     Cara- cara dan peralatan implementasi 
·        Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi 
·        Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan.
·        Teknik prototype
·        Peralatan dialogue
·        Method berorientasi objek 
·        Representasi data dan algoritma 
Evaluation Techniques
v     Metode -  metode spesifik untuk evaluasi 
·        Productivitas 
·        Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll 
Example Systems and Case Studies
v     Command oriented
·        PC DOS
·        Airline check in
v     Graphics- oriented
·        Windows
·        Apple macintosh 
v     Frame base
·        hypercard

Artikel 


