Interaksi Manusia Dan Komputer

Apa IMK Itu ?
v     Suatu disiplin ilmu yang terdiri dari desain, evalusi dan implementasi dari sistem komputer interaftif untuk digunakan manusia dan belajar fenomenanya
v     Interaksi antara sains, engineering, dan aspek desain
     Perspektif dari ilmu computer
v     Fokus terhadap interaksi dan hubungan khusus antara satu atau banyak manusia dan satu atau banyak mesin komputer 

      Disiplin ilmu dalam HCI
v     Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
v     Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
v     Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
v     Industrial design (produk interaktif)
v     Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
v     Teknik Mesin ( robotika)

Point penting dalam HCI
v     Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
v     Bagaimana menyajikan kepada user
v     Bagaimana membangun sebuah system
v     Bagaimana untuk menguji sebuah design

Pendekatan HCI
v Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
v  Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant

Aspek – aspek dalam HCI
v     Use and context of computers ( U)
v     Human characteristic (H)
v     Computer system and interface architectur (C)
v     Development proses ( D)


Use and context of computers ( U)
Social organization and work
v     Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja
v     Contoh ; untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerja

Application Areas
v     Characteristic dalam area aplikasi
·        Wilayah aplikasi tersebut digunakan ( individual atau group)
·        Document oriented interfaces
·        Comunication oriented interfaces
·        Design environment
·        Online tutorial system and help system
·        Multimedia information kiosks
·        Continues control system
·        Embedded system

Human-Machine Fit and Adaptation
v     Kesesuain antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa dilihat dari;
·        Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan )
·        Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah
·        Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnya
     
Human Characteristics (H)
Human Information Processing
v     Karakteristik manusia sebagai pemores informasi.
v     Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:        
·        Model – model arsitektur kognitif
·        Teori  tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll

Language, Communication and Interaction
v     Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari:
·        Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa

Ergonomics
v     Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja
v     Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
·        Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja.
·        Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia

Computer System and Interface Architecture (C)
Input and Output Devices
v     Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer

Dialogue Techniques
v     Arsitektur  software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog

Dialogue Genre
v     Gaya / metode  yang digunakan, antara lain:
·        Penggunaan metafora
·        Metode – metode  yang relevan  dengan media lain misal : film, grafis.
·        Aspek estetika

Computer Graphics
v     Konsep – konsep  dasar dari tampilan komputer
·        Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi
·        Transformasi linear
·        Tampilan warna


Dialogue Architecture
v     Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user
·        Model- model referensi dialog pada sistem  ( dialogue system reference models )
·        Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
·        Windows manager models
·        Multi user interface architecture

Development Process (D)
Design Approaches
v     Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain:
·        Ilmu tentang desain grafis
·        Proses pengembangan system
·        Teknik analisa kerja
·        Desain industrial

Implementation Techniques and Tools
v     Cara- cara dan peralatan implementasi
·        Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi
·        Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan.
·        Teknik prototype
·        Peralatan dialogue
·        Method berorientasi objek
·        Representasi data dan algoritma

Evaluation Techniques
v     Metode -  metode spesifik untuk evaluasi
·        Productivitas
·        Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll

Example Systems and Case Studies
v     Command oriented
·        PC DOS
·        Airline check in
v     Graphics- oriented
·        Windows
·        Apple macintosh
v     Frame base
·        hypercard

= Baca Juga Sob =



Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Ilmu Pengetahuan

Artikel Interaksi Manusia Dan Komputer ini diposting oleh Unknown. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link AKTIF artikel ini sebagai sumbernya. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Comments
0 Comments
Baru Lama HomE
to Top