Interaksi Manusia Dan Komputer

Apa IMK Itu ?
v     Suatu disiplin ilmu yang terdiri dari desain, evalusi dan implementasi dari sistem komputer interaftif untuk digunakan manusia dan belajar fenomenanya
v     Interaksi antara sains, engineering, dan aspek desain
     Perspektif dari ilmu computer
v     Fokus terhadap interaksi dan hubungan khusus antara satu atau banyak manusia dan satu atau banyak mesin komputer 

      Disiplin ilmu dalam HCI
v     Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
v     Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
v     Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
v     Industrial design (produk interaktif)
v     Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
v     Teknik Mesin ( robotika)

Point penting dalam HCI
v     Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
v     Bagaimana menyajikan kepada user
v     Bagaimana membangun sebuah system
v     Bagaimana untuk menguji sebuah design

Pendekatan HCI
v Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
v  Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant

Aspek – aspek dalam HCI
v     Use and context of computers ( U)
v     Human characteristic (H)
v     Computer system and interface architectur (C)
v     Development proses ( D)


Use and context of computers ( U)
Social organization and work
v     Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja
v     Contoh ; untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerja

Application Areas
v     Characteristic dalam area aplikasi
·        Wilayah aplikasi tersebut digunakan ( individual atau group)
·        Document oriented interfaces
·        Comunication oriented interfaces
·        Design environment
·        Online tutorial system and help system
·        Multimedia information kiosks
·        Continues control system
·        Embedded system

Human-Machine Fit and Adaptation
v     Kesesuain antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa dilihat dari;
·        Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan )
·        Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah
·        Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnya
     
Human Characteristics (H)
Human Information Processing
v     Karakteristik manusia sebagai pemores informasi.
v     Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:        
·        Model – model arsitektur kognitif
·        Teori  tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll

Language, Communication and Interaction
v     Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari:
·        Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa

Ergonomics
v     Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja
v     Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
·        Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja.
·        Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia

Computer System and Interface Architecture (C)
Input and Output Devices
v     Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer

Dialogue Techniques
v     Arsitektur  software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog

Dialogue Genre
v     Gaya / metode  yang digunakan, antara lain:
·        Penggunaan metafora
·        Metode – metode  yang relevan  dengan media lain misal : film, grafis.
·        Aspek estetika

Computer Graphics
v     Konsep – konsep  dasar dari tampilan komputer
·        Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi
·        Transformasi linear
·        Tampilan warna


Dialogue Architecture
v     Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user
·        Model- model referensi dialog pada sistem  ( dialogue system reference models )
·        Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
·        Windows manager models
·        Multi user interface architecture

Development Process (D)
Design Approaches
v     Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain:
·        Ilmu tentang desain grafis
·        Proses pengembangan system
·        Teknik analisa kerja
·        Desain industrial

Implementation Techniques and Tools
v     Cara- cara dan peralatan implementasi
·        Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi
·        Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan.
·        Teknik prototype
·        Peralatan dialogue
·        Method berorientasi objek
·        Representasi data dan algoritma

Evaluation Techniques
v     Metode -  metode spesifik untuk evaluasi
·        Productivitas
·        Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll

Example Systems and Case Studies
v     Command oriented
·        PC DOS
·        Airline check in
v     Graphics- oriented
·        Windows
·        Apple macintosh
v     Frame base
·        hypercard