Mencegah Masuknya Virus Kekomputer Melalui Flask Disk

Kali ini saya akan ngebahas cara mencegah masuknya virus melalui Flashdisk. Kenapa flashdisk??? Karena Flashdisk merupakan media yang paling banyak digunakan saat ini untuk keperluan transfer data dan lain sebagainya selain itu penggunaanya juga gampang, tinggal colokin di portnya, udah deh siap digunakan.

Nah, disamping mudah digunakan, FlashDisk juga gampang tertular virus. Biasanya virus akan memasang jebakan berupa file "autorun.inf" dimana jika flashdisk dibuka maka file "jahat" ini akan menjalankan sang virus yang sudah tertanam di flashdisk yang bersangkutan dan akibatnya....(tau ndiri lah...)


Suatu ketika pas lagi browsing saya menemukan sebuah artikel yang mengulas caranya mematikan autoplay di kompi [komputer] kita agar "file jahat" di atas tadi ga bisa jalan (sorry saya lupa authornya). Berikut adalah caranya :
1. Klik start ==> pilih run ==> kemudian ketik gpedit.msc ===> lalu klik ok atau tekan enter sehingga didapat sebuah window yang bejudul Group Policy

2. Dibawahnya akan terdapat menu "Computer Configuration" dengan tanda plus [+] di sebelah kirinya. Klik tanda plus tersebut sehingga akan muncul menu baru yaitu:
[+]Software Settings
[+]Windows Settings, dan
[+]Administrative Templates

3. Klik tanda [+] pada menu Administrative Templates shingga akan muncul lagi menu baru yaitu :
[+]Windows Components
[+]System
[+]Network
Printer

4. Klik pada tulisan "system" [bukan pada tanda + nya] lalu amati window di sebelah kanan

5. Pada window di sebelah kanan tadi cari tulisan "Turn off autoplay" [letaknya agak di bawah], lalu klik ganda tulisan tersebut sehingga akan muncul window bertitle "Turn off autoplay properties"

6. Ubah statusnya dari "Not Configure" menjadi "enable". Dibawahnya ada menu yang bertuliskan :
"Turn off autoplay on :" Ubah statusnya menjadi "All Drives" lalu klik "ok"

Nih saya tambah beberapa langkah lagi..
Sebelum anda men"COLOK"kan flashdisk anda ke kompi, ada baiknya anda buka dulu "folder option" anda, gunanya adalah untuk melihat si "inang virus" yang bersemayam di FlashDisk Anda karena kebanyakan inang virus attribute-nya hidden caranya:
Buka my computer ==> lihat ke atas lalu klik tulisan tools ==> pilih folder option
Setelah itu pilih "view"
Carilah menu "hidden files and folders" lalu lihat di bawahnya akan ada pilihan-pilihan. yang perlu anda lakukan adalah :
1. "Centang"lah menu "Show hidden files and folders"[untuk melihat file2 yang di hide]

2. Hilangkan centang pada menu "Hide extensions for known files types"[untuk melihat ekstensi dari file]

3. Hilangkan juga centang pada menu "Hide protected operating system files [Recomended]" [biasanya kalo kita ngilangin centangnya menu no 3 maka akan muncul messagebox, klik aja "yes"]

4. Inilah bagian yang terpenting dan memerlukan kejelian anda. Virus biasanya memiliki ciri-ciri seperti:

* attribute-nya system+hidde
* extensi dari virus biasanya .exe, .pif, .com, .bat, .cmd [umumnya sih gitu]
  Tapi ingat, di kompi anda sendiri ada file-file yang berekstensi seperti di atas. jangan  sembarangan memvonis itu virus. Makanya saya tadi bilang "perlu kejelian"
* Icon-nya biasanya nyleneh, misalnya icon microsoft word tapi extensinya .exe
* Nama dari virus biasanya amat "menggoda selera" kita untuk membukanya. Misalnya saja bagi orang yang  agak "kotor" otaknya kalo disuguhkan file ber-icon-windows media player dan bernama "New bokep miyabi.exe"pastilah dia amat ingin membukanya [ini namanya "social engineering"]. Karena itu Hati-Hati...

5. Setelah anda mengetahui ciri-ciri dari si virus laknat, maka anda sudah siap untuk bertempur. Hapuslah file-file tadi [terutama yang ada di flashdisk anda] kecuali anda memang sengaja menyimpan file tersebut. 

Pokoknya asal ada yang mencurigakan, HAJAR AJA CHOY....


= Baca Juga Sob =



Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Ilmu Pengetahuan

Artikel Mencegah Masuknya Virus Kekomputer Melalui Flask Disk ini diposting oleh Unknown. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link AKTIF artikel ini sebagai sumbernya. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baru Lama HomE
to Top