Dasar - Dasar Pemrograman Berbasis WEB

I.    Dasar - Dasar Pemrograman Berbasis Web

Beberapa konsep dasar pemrograman berbasis web, yaitu :
  1. Komunikasi antara web browser dan web server berdasarkan protokol HTTP. 
  2. Dokumen dan semua sumber daya apapun di jaringan yang dikehendaki di identifikasi dengan Universal Resource Locator (URL). 
  3. Dokumen web ditulis berdasarkan standar HTML. 
  4. Pemrograman sisi klien (client-side scripting) dan Java applet.
  5. Pemrograman sisi server (server-side scripting atau programming). 
  6. Sistem Berbasis Web atau Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah sistem yang dibangun dengan konsep rekayasa web (web engineering) dan diaplikasikan secara online melalui media internet. (Marlina, 2010).
     -          World Wide Web
World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna di identifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari padanya.

-          Web Browser
Web Browser adalah perangkat lunak yang mulanya hanya untuk menampilkan (rendering) dokumen web atau HTML. Namun saat ini, web browser harus mampu mengeksekusi JavaScript atau VBScript, menjalankan Java Applet, memahami dokumen XML, dan menjalankan dokumen tertentu dengan fasiltias plug-in seperti file.swf Macromedia Flash dan sebagainya. Disamping itu web browser juga mempunyai fasilitas kenyamanan pemakai seperti dapat membuka lebih dari satu jendela, manajemen alamat web yang bagus, pengamanan yang memadai dan sebagainya. Contoh: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera.

-          Web server
Web server adalah HTTP server sebagai penyedia dokumen yang diminta web browser. Saat ini, web server telah kompleks karena harus melayani banyak hal dan bahkan menjadi pusat layanan-layanan lain. Web server telah menjadi komponen terpenting di application server. Web server harus mampu melayani permintaan dokumen yang diminta web browser, dan mampu disetting berinteraksi dengan program JSP, ASP, PHP, secara CGI dan sebagainya. Contoh: Apache, IIS.

-          Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah protokol level aplikasi untuk sistem informasi hypermedia tersebar. Protokol ini generik yang dapat dimanfaatkan banyak tugas selain untuk hypertext. HTTP adalah bahasa komunikasi antara web browser dan web server, dimana kebanyakan komunikasi ini di luar perhatian pemakai web browser.

-          Domain
Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.

Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia. Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda.

Bila Anda mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak .

Anda buka http://www.domainhostingmurah.net dan masukkan nama doman dan extension yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan registrasi nama domain tersebut.
dasar pemrograman desain web
Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan menggunakannya.

Dan bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

Bila Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).
dasar pemrograman desain web
Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain. Tips dalam memilih nama domain antara lain :
    • Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat 
    • Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya 
    • Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain 
    • Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau 
    • Usahakan pilih domain .com 
    • Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.
Pada langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda Website itu sendiri dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti :
1. Membuat pengumuman atau pemberitahuan mengenai perusahaan
2. Memberikan masukan dari pengunjung web/ customer.
3. berkomunikasi langsung dengan customer yang berada di belahan dunia manapun.

Berikut langkah-langkah mudah dalammembuat sebuah website :

Persiapkan alamat website (domain)
Nama domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomer atau yang dikenal IP.

Untuk itulah perusahaan membutuhkan "nama doamain" (misalnya alamat domain berupa "www.PerusahaanAnda.com" atau "www.PerusahaanAnda.co.id"). Dengan membeli nama domain tersebut, pengguna internet cukup memasukan "www.PerusahaanAnda.com" ke internet explorer (browser) mereka untuk mengunjung website yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh: untuk mengunjungi wabsite Yahoo, cukup memasukan "www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke internet explorer. Nama domain tersebut yang akan mengantarkan pengguna internet ke website perusahaan.

Cara membuat design atau isi website
design dari website tergantung dari jiwa seni masing-masing perusahaan, yang tentunya hal ini mempengaruhi ketertarikan pengunjung untuk melihat web secara keseluruhan. Membuat halaman web bisa menggunakan software apa saja, tetapi yang harus diketahui script apa yang digunakan.

Tapi ada juga beberapa software yang memang khusus digunakan untuk membuat design tampilan website. Seperti yang banyak digunakan adalah untuk tampilan awal biasa menggunakan software adobe photoshop yang biasa digunakan untuk mengedit foto dan mempercantik gambar yang akan ditampilkan di website. kemudian dapat dimodifikasi dengan menggunakan software macromedia dreamwaver, tetapi software ini harus memiliki banyak pengetahuan mengenai script atau perintah HTML. ada juga yang menggunakan software notepad untuk melakukan sedikit perubahan pada file html tadi.

Bagi sebagian perusahaan yang sudah memiliki website, memiliki beberapa kendala seperti adanya kesulitan bagi pelanggan dalam mengakses atau mencari website di search engine. hal ini tentu menjadi kendala bagi perusahaan. berikut adalah beberapa langkah agar wesbsite perusahaan dapat terdeteksi oleh search engine Google.

II.    ISP
 
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.

Contoh ISP :
Asia Pasific Internet Company  http://www.apic.net.id
PT. Telekomunikasi Indonesia  http://telkom.net.id
PT. Indo Internet Indonesia  http://www.netura.net.id
Dan sebagainya

III.  IE ( INTERNET EXPLORER)
Internet Explorer merupakan sebuah browser keluaran Microsoft yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk menmgakses internet, karena software ini didukung oleh teknologi baru untuk membuat tampilan web lebih dinamis dan lebih hidup serta kompetibel.

Internet Explorer terdapat kumpulan aplikasi yang saling terintegrasi dan terdapat berbagai macam fasilitas khusus untuk mendukung pemakaian internet, yaitu diantaranya adalah I Net, I News, Net Meeting serta Chomic Chat.

Jika menurut agan-agan artikel ini bermanfaat silahkan di share atau LIKE and Commentnya supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat dari artikel ini. Jangan lupa Commentnya ya SOB.....
 

= Baca Juga Sob =



Ditulis Oleh : Marwan Setiawan ~ Berbagi Ilmu Pengetahuan

Artikel Dasar - Dasar Pemrograman Berbasis WEB ini diposting oleh Marwan Setiawan. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link AKTIF artikel ini sebagai sumbernya. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::..Get Free Daily Email Updates..::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Baru Lama HomE
to Top